Kini Telah Hadir Kembali Pelopor Jus Kulit Manggis Terbaik di Asia Tenggara XAMthone Plus, Dapatkan Harga Murah dengan Menjadi Member Kami.

Friday, August 8, 2014

Kenali Hepatitis Pada Masa Kehamilan

Kenali Hepatitis Pada Masa Kehamilan
Penyakit hepatitis dapat terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia dan siapa Anda. Walau tidak banyak kasus hepatitis terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi kita patut waspada dan selalu menjaga kesehatan.

Meski begitu, patut diwaspadai bahwa ikterus atau gejala kuning dapat terjadi akibat hepatitis virus. Di negara-negara berkembang, wanita hamil cenderung lebih mudah terserang hepatitis virus karena persoalan sanitasi dan juga nutrisi yang buruk.

Hal tersebut dapat dimengerti karena memang yang menjadi penyebab signifikan seseorang terkena penyakit hepatitis virus ini ialah karena lingkungan yang buruk dan juga persoalan nutrisi yang juga kurang memadai.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa 9,5% hepatitis virus terjadi di usia trimester pertama, 32% terjadi di trimester II, dan sebanyak 58% lebih terjadinya pada usia trimester III.

Pengaruh Hepatitis pada Kehamilan

Mungkin bisa dikatakan sedikit beruntung jika wanita hamil menderita hepatitis virus pada usia trimester I atau paling lambat pada permulaan trimester kedua, karena gejala-gejala yang akan disebabkannya tidak terlalu berat.

Namun, meskipun gejalanya terbilang masih ringan, penderita hepatitis ini tetap mesti menjalani pemeriksaan bahkan dirawat di rumah sakit supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dan kalaupun ada, bisa langsung dikomunikasikan dengan dokter.

Hepatitis virus ini akan berbahaya jika menyerang wanita yang kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga atau yang sebentar lagi akan melahirkan. Secara umum, penderitanya bisa menunjukkan gejala fulminant.

Mortalitasnya juga sangat tinggi dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Adanya defisiensi faktor lipotropic yang disertai dengan kebutuhan janin terhadap nutrisi yang semakin meningkat menjadi penyebab penderitanya mudah mengalami acute hepatic necrosis. Dalam kondisi tersebut, faktor gizi memang menjadi hal yang harus dicukupi dengan sangat baik.

Para praktisi kesehatan juga banyak yang menyimpulkan bahwa berat dan ringannya gejala hepatitis virus pada kehamilan bergantung pada kecukupan gizi wanita hamil.

Jika wanita hamil tersebut tidak mendapatkan gizi yang baik, terlebih kekurangan protein, maka infeksi virusnya akan memberikan gejala-gejala yang lebih berat.

Hepatitis virus juga bukan hanya mengganggu wanita hamil, namun juga memengaruhi kondisi janin, baik ketika masih berada di dalam kandungan maupun ketika sudah dilahirkan.

Penularannya sendiri terjadi dalam beberapa cara yakni melewati plasenta, lewat air susu ibu (ASI), terjadinya kontak langsung antara ibu dan bayinya, dan juga saat bayi terkontaminasi dengan darah dan atau tinja ketika proses persalinannya.

Pencegahan Hepatitis pada Kehamilan

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menekan terjadinya hepatitis virus pada kehamilan ialah dengan cara:

  1. Memberikan immunoglobulin sebanyak 0,1 cc/ kg pada wanita hamil yang mengalami kontak langsung dengan penderita hepatitis.
  2. Memastikan ketercukupan gizi kepada wanita hamil, terutama mencukupi kebutuhan proteinnya.
  3. Untuk proses kehamilan berikutnya, sebaiknya diberikan jarak minimal 6 bulan setelah terjadinya persalinan pertama.
Itulah informasi tentang pemahaman masalah penyakit hepatitis yang terjadi pada masa kehamilan. Semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan pengetahuan bagi Anda para ibu untuk senantiasa menjaga kehamilan Anda. Terimakasih

Related posts

Description: Kenali Hepatitis Pada Masa Kehamilan Rating: 4.5 Reviewer: Hera ItemReviewed: Kenali Hepatitis Pada Masa Kehamilan
Al
Mbah Qopet Updated at: 9:08 PM

0 comments: